Selamat Hari Perempuan Sedunia 2012

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa hari ini 8 Maret 2012 diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia 2012.

Mungkin dalam hati teman-teman semua bertanya bukannya ada banyak hari lain yang juga ditujukan untuk memperingati kaum hawa di dunia ini? Seperti hari Ibu yang jatuh tanggal Desember, hari Kartini setiap 21 April, atau hari ibu internasional yang jatuh pada 11 Mei.

Tapi tahukah teman-teman semua, bahwa Hari Perempuan Sedunia ini sudah ada sejak awal ke-20. Saat itu berkembang era industrialisasi dan ekspansi ekonomi di dunia kerja. Kaum perempuan yang banyak bekerja di industri tekstil New York pada 8 Maret 1857 melakukan protes atas kondisi kerja yang buruk dan gaji yang rendah. Alhasil mereka pun bersitegang dengan polisi. Perkembangan selanjutnya kaum buruh perempuan ini kemudian membentuk serikat buruh dua tahun kemudian di bulan yang sama.

Kejadian paling tragis mengenai perjuangan buruh perempuan ini terjadi pada 1911 di sebuah pabrik triangle Shirtwaist yang mengakibatkan hilangnya nyawa sekitar 140 perempuan.

Hari Perempuan Sedunia 2012 yang diperingati hingga saat ini merupakan peringatan keberhasilan kaum hawa dalam mengubah kedudukannya di bidang ekonomi, politik serta sosial budaya.

International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh tepat hari ini, 8 Maret, setiap tahunnya diperingati oleh berjuta perempuan di penjuru dunia.

Termasuk diantaranya artis Angelina Jolie dan Meryl Streep yang turut menghadiri World Women Summit atau Pertemuan Puncak Perempuan Sedunia yang berlangsung di New York. Ini merupakan tahun ke 3 peringatan tersebut mulai dilakukan.

Dalam pertemuan tersebut, parawanita dari berbagai negara menceritakan kesaksian dan kisah kaum perempuan di negara masing-masing dalam memperjuangkan hak mereka.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula masalah perlawanan wanita terhadap status quo, menentang perang, kekerasan, perbudakan dan eksploitasi.

Mengapa diputuskan tanggal 8 Maret ? Mari kita tengok sejenak sejarah Hari Perempuan Sedunia ini, yang tentu tidak terlepas dari peristiwa menyangkut kaum wanita.

Tahun 1910, kaum sosialis internasional dari 17 negara mengadakan pertemuan di Copenhagen, Denmark, yang diantara agendanya adalah membahas tentang hak-hak asasi wanita yang sering diabaikan.

Pertemuan tersebut akhirnya memutuskan untuk membuat Hari Perempuan Sedunia, agar hak kaum wanita lebih diperhatikan. Awalnya, Hari Perempuan Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Februari.

Namun tahun 1920, peringatan tersebut tidak lagi diperingati, karena banyaknya konflik yang terjadi di dunia, termasuk perang.

Baru pada tahun 1975, PBB kembali memelopori diperingatinya Hari Perempuan Sedunia kembali dan diputuskan jatuh pada tanggal 8 Maret.

Di Indonesia sendiri hari ini banyak diperingati oleh berbagai instansi dengan mengangkat topik penghapusan perdagangan manusia. Perdagangan manusia menjadi topik yang hangat akhir-akhir ini mengingat semakin mudahnya manusia mengakses dunia informasi. 

Selamat memperingati Hari Perempuan Sedunia 2012. Semoga perempuan di dunia menjadi semakin maju serta berkembang tak terlepas dari esensi kodrat mereka diciptakan di bumi ini.

-dari berbagai sumber-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s